Advertisement

Responsive Advertisement

Durandal Fansubs Indonesia

Durandal Fansubs di dirikan tanggal 21 Februari 2015. Fansubs yang awalnya cuma buat ngisi waktu luang dan sekadar penasaran sama cara kerja fansubs. Di saat itulah juga mimin An-chan belajar dan mencari tahu informasi sana-sini bagaimana cara kerja atau aplikasi yang digunakan dalam fansub. Mimin An-chan bereksperimen mencari settingan untuk encode agar tetap bagus dan menjaga kualitas video namun dengan ukuran file yang tergolong kecil.
Durandal Fansubs awalnya punya dua orang staff yaitu An-chan sebagai Founder dan Röka sebagai Co-Founder (sekarang jadi penasihat Durandal).

Awalnya Durandal Fansubs bernama Wonderland Fansubs namanya diambil dari anime Deadman Wonderland terus setelah berunding bareng Röka, tidak lama setelahnya akhirnya diputuskan buat ganti nama fansubs jadi Durandal Fansubs. Tag WonderlandSubs sempat dipakai dalam beberapa episode rilisan kala itu.
Nama Durandal sendiri diambil dari nama pedang yang Xenovia pakai dari anime Highschool DxD, berhubung kami berdua juga termasuk fan-nya DxD, jadi diputuskan untuk ngambil nama itu. (Alasan yang sederhana :v)

Durandal pada awal di dirikan berbasis web Wordpress, kurang lebih setahun menggunakan platform Wordpress, pada tanggal 4 April 2016 mimin An-chan putuskan berpindah ke Blogger sampai sekarang. 
Saat berpindah ke platform Blogger, mimin langsung memakai domain walaupun domain gratisan waktu itu, alasannnya waktu itu karena di Blogger mudah untuk mimin bereksperimen macam-macam template dan berbagai fitur lainnya yang mimin buat dan kreasikan sendiri.

Pada awal perilisan, Durandal masih nyediain kualitas 720p dan masih pakai format hardsub, semakin kedepan kualitas Durandal terus ditingkatkan dan ditambahkan juga kualitas 480p dan mengubah format menjadi softsub seluruhnya. Rilisan paling pertama dari Durandal adalah Highscool DxD Season 3 dan Kiniro Mosaic Season 2 karena bertepatan dengan bulan puasa waktu itu, Highschool DxD kemudian di drop karena jelas bakalan menodai pahala puasa.
Lalu berlanjut dengan drop-nya Kiniro Mosaic karena kekurangan koneksi jaringan waktu itu. :(

Di musim selanjutnya barulah Durandal mulai konsisten menggarap beberapa judul anime-anime baru musiman. Perilisan masih bisa dikejar walaupun kadang lama ngeuploadnya karena masih kekurangan staff buat uploading.

Seiring musim staff baru berdatangan dan bepergian, sampai sekarang 3 admin aktif yang ngerilis rilisan tiap musimnya. Berhubung An-chan seorang penyuka Onee-san jadi jangan heran kalau lebih banyak rilisan yang beraroma  cewek-cewek begitu, tapi kebanyakan rilisan yang diambil 80% digarap karena ceritanya, 20% sisanya karena si karakter/cover/sinopsis. :v

Oke sekian pengenalan dan sejarah singkat dari Durandal. Selamat dan terima kasih karena sudah selalu menikmati rilisan kami 'v')7

- An-chan